Upaya Pilot dalam Menambah Jam Terbang

Jam Terbang Pilot

Jam terbang sangat berperan penting bagi seorang pilot, selain menaikkan gaji juga bisa meningkatkan jabatan. Bila bekerja di perusahaan negara atau swasta pada umumnya, jam terbang bisa diilustrasikan sebagai pengalaman. Semakin lama pengalaman yang didapat maka akan semakin besar pula peluang meningkatkan gaji dan jabatan, bahkan berkesempatan untuk diterima bekerja di perusahaan bonafit. Hal ini dikarenakan kandidat menjadi lebih lihai dan handal dalam bekerja dibandingkan pekerja baru. Berbicara tentang jam terbang pilot, tahukah Anda ada 3 cara yang dapat dilakukan pilot untuk menambah jam terbangnya. Apa saja? Simak uraian berikut ini:

Tambah lisensi

Lisensi adalah surat izin terbang pilot sesuai dengan jam terbang yang diperoleh. Berikut ulasan tentang lisensi:

  • Jika seorang pilot baru mengantongi jam terbang sebanyak 40 hingga 60 jam, pilot baru bisa memegang lisensi PPL (Private Pilot Licence) adalah menerbangan pesawat kecil.
  • Bila pilot berhasil meraih jam terbang sebanyak 140 sampai 250, artinya pilot mampu memperoleh lisensi CPL (Commercial Pilot Licence) dan membawa pesawat komersial.
  • Lisensi IR (Instrument Rating), pilot diperbolehkan menerbangkan pesawat dalam cuaca yang gelap seperti kabut asap dan di malam hari. Jadi, bedanya lisensi CPL dengan IR adalah terletak pada cuaca penerbangan. Untuk memperoleh lisensi IR diperlukan penambahan sebanyak 20 jam terbang. Selain itu ada pula yang namanya lisensi MER (Multi Engine Rating) dan ATPL (Airline Transport Pilot Licence).
  • Lisensi MER merupakan surat izin pilot menerbangkan pesawat mesin ganda. Untuk memperoleh lisensi ini sendiri pilot harus memegang lisensi PPL, CPL, dan IR, kemudian bisa mengupayakan memperoleh lisensi MER.
  • Lisensi ATPL ialah surat izin untuk pilot membawa barang berat sesuai dengan standar negara. Namun syaratnya tak cukup hanya dengan lisensi CPL, tapi juga sertifikasi medis penerbangan kelas satu, dan jam terbang sebanyak 1500 jam.

Jadi, pillot yang ingin meningkatkan jam terbang salah satunya bisa dengan menambah lisensi terlebih dahulu di sekolah pilot. Dengan kata lain, pilot yang masih memiliki lisensi CPL harus melanjutkan studinya kembali dengan mengambil program lisensi tambahan, yaitu IR dan MER dengan begitu jam terbang juga akan bertambah.

Bekerja di airline dengan maksimal

Untuk menambah jam terbang, pilot biasanya bekerja dengan maksimal di airline. Banyak pilot yang mempunyai jam penerbangan tidak teratur karena mereka ingin memperbanyak jam terbangnya dalam waktu yang relatif cepat. Adapun cara memperbanyak jam terbang pilot adalah dengan tidak banyak mengambil hari libur atau cuti. Terlebih lagi pada saat musim liburan jumlah penumpang pesawat bisa membludak yang tentunya menjadi kesempatan besar untuk stay dalam menambah jam terbang. Namun, konsekuensi yang bakal diterima dalam hal ini adalah terancamnya kondisi kesehatan, seperti penyakit kulit karena suhu udara yang tidak stabil.

Jadi instruktur di sekolah penerbangan

Jam terbang pilot juga bisa ditingkatkan dengan menjadi instruktur di sekolah penerbangan. Dengan melatih dan mendampingi para cadet pilot dalam menerbangkan pesawat, tentu saja sangat menjanjikan bagi para pilot untuk memperoleh jam terbang yang tinggi. So, jika pilot sudah bekerja di maskapai penerbangan dan ingin meningkatkan jam terbang lebih maksimal lagi, pilot juga bisa sembari mengisi waktu kosong dengan menjadi instruktur. Tentu saja bisa diusahakan bila mampu memanage waktu dengan baik. Syarat untuk menjadi instruktur penerbang itu sendiri utamanya pilot harus memegang lisensi MER.

Jam terbang pilot memang sangat berharga karena menjadi poin penting dalam meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi. Bagaimana tidak, semakin banyak pengalaman terbang maka akan semakin dipercaya pula untuk menjadi tangan kanan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *