Mengenal Jenjang Karir Pilot dan Gaji Pilot

jenjang karir pilot

Memiliki gaji yang tinggi tentunya menjadi dambaan semua orang dikarenakan dengan gaji yang tinggi dapat memenuhi kebutuhan hidup. Untuk mendapatkan gaji tinggi tentunya harus disesuaikan dengan pengalaman dan profesi kerja. Hal ini dikarenakan tidak semua profesi kerja mendapatkan upah yang tinggi. Salah satu profesi yang mendapatkan gaji tinggi adalah pilot. Di mana menjadi seorang pilot memiliki tanggung jawab yang besar terhadap profesi yang digelutin dikarenakan nasib semua nyawa penumpang bergantung pada pilot. Oleh karena itu, patutlah karir ini menjadi karir yang memiliki gaji tinggi dikarenakan resiko yang cukup besar.  Untuk menjadi seorang pilot sendiri harus memiliki keahlian khusus dikarenakan tidak seperti membawa kendaraan pada umunya sehingga untuk bisa menjadi seorang pilot harus lulusan dari sekolah pilot terlebih dahulu. Nah, untuk masalah gaji pilot tentunya tidak selalu sama dikarenakan sesuai dengan jenjang karir menjadi pilot itu sendiri. Untuk mengetahui gaji dari seorang pilot, tentunya harus disesuaikan dengan jenjang karirnya. Berikut ini untuk mengenal lebih jauh mengenai jenjang karir seorang pilot dan gaji pilot.

Second Officer

Seseorang yang baru lulusan dari sekolah pilot tentunya pengalaman yang dimiliki masih minim mesikpun di dalam dunia pendidikan telah belajar banyak tentang penerbangan. Dengan minimnya pengetahuan yang dimiliki, tentunya pihak penerbangan tidak ingin menangung resiko yang akan terjadi sehingga sebagai seorang lulusan sekolah pilot tidak diperboleh untuk membawa pesawat dengan ukurang besar. Oleh karena itu, seorang lulusan sekolah pilot yang pengalamanya masih minim akan menjadi seorang Second Officer terlebih dahulu. Mesikupun menjadi seorang Second Officer, tapi telah diperbolehkan membawa pesawat dengan ukurang kecil dan didampingi oleh seorang Kapten. Lamanya menjadi Second Officer lebih kurang 1 tahun. Menjadi Second Officer saja gaji yang bisa diterima perbulan sudah cukup besar, yaitu 15-20 juta rupiah perbulan.

First Officer

Mendapat gaji tinggi harus disesuaikan terlebih dahulu dengan jenjang karir. Adapun jenjang karir pilot yang kedua setelah lulus dari Second Officer adalah menjadi First Officer terlebih dahulu. Menjadi seorang pilot dengan karir first officer tentunya ada syarat yang harus dimiliki. Adapun syaratnya adalah Anda harus memiliki lisensi ATPL dan ME terlebih dahulu. Dengan memiliki karir menjadi seorang pilot First Officer sudah bisa membuat Anda menerbangan pesawat, tapi didampingi oleh pilot Kapten. Dimana menjadi First Officer telah menutut Anda untuk bisa membantu Kapten dalam hal navigasi. Selain itu, menjadi First Officer memiliki tanggung jawab untuk bisa mengantikan Kapten ketika berhalangan. Untuk itu, menjadi First Officer harus punya kemampuan yang setara dengan Kapten. Adapun gaji yang diterima menjadi First Officer perbulanya sebesar 30-40 juta.

Kapten pilot

Setelah Anda menempuh jenjang karir menjadi Second Officer  dan First Officer. Selanjutnya jenjang karir yang cukup tinggi dan berpenghasilan tinggi juga adalah menjadi kapten pilot. Untuk menjadi seorang kapten pilot tentunya Anda memiliki tanggung jawab yang cukup berat sehingga Anda harus memiliki surat izin penerbangan yang lengkap baik itu dari PPL, CPL, IR, ME, dan ATPL.  Sebagai seorang kapten pilot Anda telah diperbolehkan untuk membawa penumpang sampai tujuan dengan selamat. Besarnya resiko dan tanggung jawab menjadi seorang kapten pilot, tentuny gaji yang akan diterima menjadi seorang kapten pilot lebih besar. Gaji menjadi Kapten pilot bisa mencapai 45 juta rupiah ke atas.

Demikinlah informasi mengenai jenjang karir menjadi seorang pilot dan gaji pilot. Semoga artikel di atas bermanfaat buat Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *